Minggu, 13 November 2011

Tanggal Angka Cantik



Hari ini tepat tanggal 11-11-’11 dan orang pasti akan sepakat bahwa itu nomer cantik. Seperti no hp yang cantik banyak diminati orang. Sudah tentu tanggal ini juga dilirik bahkan dipilih untuk moment tertentu.

Banyak pasangan sudah merencanakan untuk menikah di tanggal ini. Dan tidak sedikit bayi-bayi yang dipaksa “keluar” dari kehangatan rahim ibunya juga di moment ini. Peluncuran album musik atau “release” nya buku-buku baru. Bisa jadi pembukaan usaha baru dan sebagainya.

Apakah sebenarnya makna memilih tanggal dengan angka cantik seperti ini? Mungkin ada banyak alasan tentang hal tersebut. Bisa karena berharap pada “keberuntungan” karena mempercayai angka-angka tersebut memiliki arti tertentu. Atau bisa juga karena ingin memudahkan dalam mengingat satu peristiwa yang penting dalam hidup. Atau ada yang hanya ingin keren-keren saja.

Masing-masing orang bebas untuk menentukan dan menilainya. Namun yang penting adalah menjalani kehidupan itu sendiri. Siapa kita dan bagaimana kita bertindak itu yang perlu.

Bila sepasang pengantin menikah di hari ini, perayaan hanya sehari dan kegembiraan menikmati hari ini juga akan lewat. Yang dihadapi kemudian “tanggal-tanggal” kenyataan kehidupan sehari-hari. Bagaimana pasangan tersebut membangun pernikahan tersebut. Hari ini adalah “start” nya. Tak ada gunanya pernikahan di tanggal hari ini, bila kemudian rumah tangga di isi dengan pertengkaran demi pertengkaran hingga perceraian. Bukankah kita sering melihat contoh banyak pasangan menikah dengan pesta yang mewah, dihadiri banyak tamu, penuh kegembiraan, di tanggal yang terpilih namun kandas disertai dengan kebencian satu dengan yang lain.

Apabila ada bayi-bayi yang harus dilahirkan di tanggal ini, berharap mereka akan mendapat naungan yang nyaman dalam menjalani hidup mereka. Di sambut tangan-tangan keramahan yang tidak hanya di saat kelahiran saja namun selamanya apapun keberadaannya. Semoga tidak ada (kalau bisa) anak-anak yang tanggal lahirnya tertulis dengan angka cantik, namun hidupnya tidak cantik. Penuh luka fisik, jiwa, emosi bahkan rohani.

Demikian juga yang berulang tahun pada hari ini, hidup akan bermakna bila berarti bagi orang lain.

Hidup memang harus mengalir dan membawa maknanya tersendiri. Biarlah hari ini bagi sebagian orang menjadi berarti. Hari ini dimulai dan melanjutkan hidup.

TAPI apapun itu semua, ada yang lebih penting. Hari ini saya ber-ULANG TAHUN he he he. Yang menarik karena memang satu deret angka 1. Namun bukan itu arti pentingnya bagi saya. Tiap ulang tahun adalah saat untuk mensyukuri anugerah kehidupan yang Tuhan berikan, sekaligus untuk mengevaluasi apa saja yang sudah dilakukan untuk memberi arti bagi Tuhan, diri sendiri dan bagi orang lain. Setelah itu membenahi diri untuk menjalani hidup yang lebih baik di kemudian hari.

PF 11-11-2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar